Axis Kian Pede Tantang The Big Three

Jakarta – Operator seluler Axis semakin optimistis menatap persaingan industri seluler pada 2012, setelah mendapatkan kanal kedua frekuensi 3G. Tak tanggung-tanggung, anak usaha Saudi Telecom Company itu pede dapat menantang the big three.

Julukan the big three sendiri merujuk pada Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Dimana ketiga operator ini memiliki jumlah pelanggan terbesar, lebih dari 100 juta pelanggan untuk Telkomsel, dan masing-masing di bawah 50 juta pelanggan untuk Indosat dan XL.

Chief Marketing Officer Axis Daniel Horan menyatakan, ketika pertama kali hadir dan menggelar layanan pada tahun 2008 lalu, Axis sudah mengambil posisi sebagai penantang operator eksisting.

Nah, ibarat sebuah kompetisi, Axis berharap mendapatkan perlakuan yang adil dari wasit, dalam hal ini adalah regulator telekomunikasi — BRTI dan Kementerian Kominfo.

Meski sempat terkatung-katung, perlakuan adil yang dimaksud pun menampakkan hasil setelah pada akhir tahun lalu, regulator memberikan Axis second carrier frekuensi 3G di kanal yang berdampingan (contigous).

“Imbas dari kanal tambahan ini sangat krusial untuk jalannya perusahaan ke depan. Sebab, dengan ini kami dapat lebih leluasa dalam mengejar ekspansi dan melayani pelanggan dengan lebih baik lagi,” tukas Daniel, dalam sesi interview terbatas di Menara DEA, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Dengan total memiliki 10 MHz di rentang frekuensi 2.1 GHz yang dijadikan sebagai pita layanan 3G, Axis mengaku akan mulai menggeber layanan HSPA mereka ke sejumlah tempat. Dimana akses tersebut diklaim bisa mencapai kecepatan 21 Mbps.

“Kami sekarang punya resources yang lebih baik lagi. Dan lebih percaya diri untuk bersaing dan mengejar the big three (Telkomsel, Indosat, dan XL-red.),” ia menandaskan.

Axis sendiri pada tahun 2011 lalu membukukan pertumbuhan revenue lebih dari 100%. Sementara dari sisi jumlah pengguna sekarang berada di angka 17 juta pelanggan, naik cukup signifikan ketimbang tahun sebelumnya di angka 9 juta pelanggan.

Adapun kota yang terjangkau layanan mereka sudah lebih dari 400 kota, dengan populasi yang terjangkau di kisaran 190 juta orang.

“Jangan khawatir, ekspansi ini akan terus berlanjut di sejumlah wilayah pada tahun 2012. Sementara untuk target revenue dan pelanggan, setidaknya minimal kami kembali meraih hasil seperti di tahun 2011 kemarin,” Daniel menandaskan.

( ash / rns )

Sumber : detik.com

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s